Cara Membuat Instant Articles Facebook

Facebook memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk memperoleh penghasilan melalui Instant Article. Namun tujuan sebenarnya dari Facebook sendiri adalah agar penggunanya tetap berada di Facebook selama mungkin. Menyadari akan pertumbuhan pengguna facebook via smartphone, Instant articles hanya ditujukan bagi pengguna smartphone.

Disclaimer: artikel ini disadur dari banyak sumber.

Instant Artikel adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh Facebook untuk menampilkan website secara instant atau cepat dan bahkan lebih interaktif pada pengguna facebook. Begini alur kerjanya: Selama ini kita meng-klik tautan web yang di share di Facebook, maka kita akan keluar dari Facebook dan menuju ke web tersebut (dengan web browser), sekarang tidak lagi. Dengan instant articles, tautan web akan tetap bisa dilihat di dalam platform Facebook. Ini membuat tautan dapat dilihat 10x lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas. Keuntungan instant article tidak hanya menampilkan sebuah artikel secara ringan dan cepat tapi dibalik itu, untuk pada publisher tentunya bisa juga mendapatkan pundi-pundi uang melalui penayangan iklan. Nah, berikut ini keuntungan instant article :

  • Dapat menampilkan atau memuat website secara ringan dan cepat.
  • Kontent lebih interaktif.
  • Bisa menghasilkan uang lewat Audience Network (Sama seperti Google Adsense)
  • Dapat meningkatkan trafik website tanpa SEO

Instant articles juga akan sangat menguntungkan bagi anda yang mempunyai fanpage dengan likers yang banyak atau grup dengan member yang banyak. Traffic bisa didorong dari sana untuk melihat artikel.

Berikut langkah-langkah membuat Instant Article (WordPress)

1. Daftar instant articles di sini : https://instantarticles.fb.com kemudian pilih fanpage atau anda bisa langsung masuk ke fanpage yang akan anda jadikan basis untuk instant articles.

2. Klik menu Publishing Tools di bagian tengah kemudian masuk ke Menu Instant Articles di bagian kiri bawah halaman. Klik Configuration kemudian pilih Connect Your Site.

> META TAG & CLAIM URL

3. Facebook akan men-generate(yang warna hitam) yang harus anda masukkan di bawahdi website anda (silakan langsung masukkan saja ke website/blog anda).

4. Simpan nomor WordPress plugin users yang ada dibawah(di plugin ini namanya : Facebook Page ID) yang merupakan angka-angka harus dimasukkan ke Plugin nantinya.

5. Klik Claim URL!

> STYLE

6. Anda bisa memilih berbagai macam style di dalam artikel yang akan di publish di instant articles. Masuk lagi ke menu Instant Articles, kemudian ke Configuration dan klik Style.

7. Klik di tulisan ‘default’ kemudian silakan masukkan logo dan pilih style artikel yang anda mau. Di sebelah kanan juga terdapat preview dari style yang anda pilih.

INSTALL PLUGIN

8. Masuk ke blog WordPress anda, install Plugin Instant Articles For WP. Setelah terinstall dengan baik, masukkan kode dr Instant Articles Fanpage ID di kolom Facebook Page ID.

9. Kemudian di bagian bawah, pada menu Publishing Settings, centang pada kolom : Publish articles containing warnings. Ini penting, agar artikel yang tidak sesuai layout (by default) akan tetap bisa ter-publish dengan baik.

10. Instant articles hanya akan men-detect semua artikel yang ditulis setelahnya. Jadi apabila blog anda sudah mempunyai banyak artikel anda harus memasukkan artikel yang ditulis sebelumnya secara manual. Canya dengan klik Toogle Debug Information yang ada di plugin anda. Kemudian copy paste ‘transfomed markup’-nya ke dalam instant articles.

PRODUCTION ARTICLES

11. Kalau anda memilih untuk manual, masukkan copy Transformed Markup tadi kemudian balik lagi ke instant articles di fanpage, pilih Production Articles kemudian klik +Create yang ada di kanan atas. Tetapi kalau blog anda sudah terisi banyak artikel, pegel juga kalo manual dipindahin satu-satu.

12. Nanti setelah semua terpasang dengan baik, anda bisa klik Update di setiap dashpoard artikel blog anda, maka otomtis artikel tersebut akan masuk ke instant articles.

AUDIENCE NETWORK DAN PEMBAYARAN

13. Nah kalo sudah sekarng tinggal setting Audience Network dan pembayaran. Masuk ke Instant Articles di fanpage kemudian ke Configuration dan klik Audience Network, klik lagi Your Dashboard yang ada di bawahnya.

14. Kemudian masuk ke ke menu PRODUCTS dan Audience Network, pilih menu Placement. Klik tombol Create Ad Placement yang ada di menu tersebut. Setelah muncul Placement ID kemudia copy-kan ID tersebut ke dalam plugin WordPress di bagian Ads, Audience Network Placement ID. Jangan lupa set juga Ad Type ke Facebook Audience Network kemudian pilih Ad Dimensions ke Large (300×250).

15. Balik lagi ke Dashboard di Audience Network, pilih Payout di sebelah kiri kemudian klik Create/ Select Payout. Pilih Full Create kemudian isi semua data yang diminta oleh Facebook.

ARTICLES FEED

16. Terakhir anda harus setup feeds-nya. Kemudian anda masuk ke Configuration kembali, klik Production RSS Feed. Masukkan RSS feed blog anda dengan format : http://namadomain/feed/instant-articles kemudian klik save.

>REVIEW

17. Setelah ini, artikel anda akan di review oleh Facebook. Biasanya berlangsung selama 3-5 hari.

18. DONE! Selamat mencoba.

Leave a Reply